Rabu, 03 Oktober 2018

Belajar Soal Investasi di Kopdar Investarian bersama Reksa Dana Manulife #1

Helooo eperibadiiihh....
uwu uwu..akhirnya nongol juga nih postingan baru di blog ini. tunggu, aku bersih bersih sawang di blog ini dulu....

oke udah....
Eh sebelum bahas inti postingan ini, aku mau nanya dulu. Apa sih mimpi kalian? Kalo aku mimpinya cukup simpel. Saat tua aku mau tinggal di rumah impianku, main sama cucu cucu dan kucing - kucingku. Oh sama satu lagi, aku mau banget di usia 50tahun tapi wajahku seperi umur 30 tahun. simpel kan? hahahaha.....

Dari mimpi mimpiku tadi, ada satu hal kesamaan yang bisa bikin mimpiku tadi terwujud. Investasi. Untuk mimpi umur 50 tahun wajah 30 tahun, udah setahun ini aku melakukan banyak investasi di wajahku. Mulai dari disiplin pakai basic skincare, rajin maskeran, dan juga (berusaha) hidup dengan gaya hidup yang sehat. Dan untuk mimpiku yang satunya aku kepikiran buat mulai nabung atau investasi uangku. Tapi ya itu, aku tuh buta banget banget sama masalah investasi.
manulife-reksa-dana-kopdar-investarian-11

Nah makanya pas aku ditawarin ikut acara Kopdar Investarian bersama Reksa Dana Manulife tanpa mikir dua kali aku langsung ikut. Nah mau tau apa aja yang aku dapet dari sana. Let's Check It Out....

Di Mulai Dengan Sharing dengan Mbak Nia Nurdiansyah

Di sesi pertama ini, mbak Nia sharing soal blogging. Mbak nia memberi data bahwa di dunia ini ada lebih dari 1,8 Milyar blogger dan  ada lebih dari 1,3 juta postingan blog yang ditulis  tiap hari. aku kaget dengan jumlah angka angka itu. Yupss...bayangin aja gimana tiap satu postinganku ini kudu bersaing dengan pesaing sekian banyak.
manulife-reksa-dana-kopdar-investarian-11


Apalagi sekarang blog tuh juga sudah bisa dilihat sebagai salah satu bentuk iklan yang banyak dilirik orang. Jadi sekarang blog nggak cuman sebagai penyalur hobi menulis, tapi bisa juga dijadikan penghasil uang. Mbak Nia kemudian memberi tips tips untuk membuat Ngeblog dapat menghasilkan uang mengutip

Blogger - Blogger Berpegalaman Lainnya Juga Ikut Sharing

Selain mbak nia, ada Pak Don Suke (nama panggilan), yang mengelola akun instagram dan twitter Seputar Semarang. Di sini pak Don Suke berbagi tentang cerita awal bagaimana seputarsemarang bisa lahir, dan juga pengalaman - pengalaman beliau selama mengelola akun seputarsemarang.
manulife-reksa-dana-kopdar-investarian-11


Ada juga mas Handiko dan mbak Diyanika, Master lomba blogger di semarang yang rajin mengikuti lomba lomba blogging dan menang. mereka berdua juga membagikan tips - tips agar bisa menang lomba versi mereka.
manulife-reksa-dana-kopdar-investarian-11

Sesi Kedua, Membahas Tentang Investasi

Pembicara untuk sesi kedua ini adalah bapak Legowo Kusumonegoro, Presiden Direktur dari PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia atau biasa disingkat MAMI. Buat yang belum tau apa itu MAMI, jadi MAMI adalah salah satu bagian dari Manulife yang tentu kita sering kenal dengan asuransinya. Berbeda dengan asuransi Manulife, MAMI merupakan perusahaan yang bekerja untuk mendampingi dan menyediakan solusi bagi masyarakat Indonesia baik individu maupun korporasi soal investasi. Dimana di dalamnya juga mencangkup  reksa dana.
manulife-reksa-dana-kopdar-investarian-11

Di awal, pak legowo membahas tentang survei kecil kecilan yang sudah kami isi sebelum acara dimulai. Pertanyaan - pertanyaan survei ini meliputi dimana kira kira posisi keuanganmu saat ini, bagaimana kah tabungan kita,apakah naik terus, biasa aja,atau berkurang dan beberapa pertanyaan yang lain. Dari survey itu tadi diketahui bahwa sebagian besar dari kami ternyata sudah bisa nabung walaupun sedikit. Dan diluar sana ternyata banyak yang merasa selalu kekurangan dan tidak bisa untuk menabung. Aku? aku juga merupakan bagian dari yang selalu merasa kurang dan tidak bisa menabung itu.
manulife-reksa-dana-kopdar-investarian-11

Memangnya menabung sesulit itu ya? Sebenarnya yang tersulit adalah mengelolanya, selalu ada saja banyak alasan kita kesulitan mengelola uang hingga kita tidak bisa menabung. Mulai dari musti ikut trend dari teman teman agar bisa dikatakan gaul, godaan diskon, sampai alasan dari pemasukan kurang dan adanya pengeluaran yang mendadak. Padahal menurut Pak Legowo kalau kita punya uang, kita juga harus pintar mengelolanya. Kita harus tau mana yang kita jadikan prioritas, mana yang hanya keinginan sesaat, dan mana yang akan kita jadikan tujuan jangka panjang.

Pasti kalian sering denger kan waktu kecil dulu atau bahkan hingga sekarang sudah tumbuh dewasa, cara agar kita dapat menyisihkan uang adalah dengan cara kita hidup dengan irit. Dan saat kita mendengar kata irit, kita terbayang diri kita yang nantinya nggak bisa hidup senang lagi, nggak bisa travelling ke destinasi impian kita, nggak bisa beli makeup atau skincare yang kita inginkan, ataupun nggak bisa makan enak sesuai keinginan kita. Padahal irit itu adalah soal bagaimana kita memprioritaskan.

Selain irit, kita juga bisa mengubah cara kita menabung. Jika biasanya kita membelanjakan pemasukan kita terlebih dahulu baru menabungnya, kita bisa mengubah caranya menjadi menyisihkan uang yang akan kita tabung lalu baru membelanjakan sisanya. Kenapa begitu? karena nih ya, kalau kita memilih belanja dulu baru nabung, belum tentu uang kita nantinya akan ada sisa. Jikapun ada sisa, pasti setiap bulan jumlahnya tidak akan sama. Jika sudah seperti itu, tujuan kita pun tidak jelas kapan akan tercapainya.  Tapi dengan menyisihkan uang tabungan terlebih dahulu, kita bisa meng "set" jangka waktu kita untuk mencapai tujuan, berapa banyak uang yang harus kita tabung. Sehingga begitu kita menerima uang, kita bisa langsung mengamankannya dengan jumlah yang sudah kita tetapkan.Dan tujuan kita akan secara jelas kita ketahui kapan tercapainya.

Selain menabung tentu saja ada cara lain untuk dapat mencapai tujuan kita itu. Salah satunya adalah HUTANG. Contohnya saat kita mau travelling ke destinasi tujuan kita atau saat kita membutuhkan uang untuk biaya lain seperti pernikahan atau kelahiran, pasti ada yang dari kita memilih untung berhutang. Tapi apakah berhutang itu worth it? simak dulu yuk perbandingan di bawah ini:


Pak Legowo menuturkan, bahwa 4 dari 5 orang yang beliau temui pasti memiliki hutang. Dan 2 dari 5 orang kesulitan untuk membayarnya. Lalu Pak Legowo pun memberikan tips bagaimana agar kita bisa membereskan hutang. Langkah pertama ialah memilih opsi antara menuntaskan hutang yang bunganya paling besar, nominalnya paling kecil atau satukan dengan hutang yang bunganya paling kecil. Cara kedua? Jangan berhutang lagi, kecuali hutang kalian adalah utang yang produktif.

Selain berhutang, cara lain adalah INVESTASI. Selain uang yang setidaknya sejumlah minimum sesuai dengan investasi yang kita pilih, investasi juga membutuhkan modal lain yaitu pengetahuan untuk mengambil keputusan dan waktu untuk memonitori semua yang kita investasikan. Oleh karena itu penting untuk kita mengetahui investasi macam apa yang pada akhirnya akan kita ambil. Menurut survey kecil yang kita ikuti kemarin, terkuak bahwa kebanyak orang lebih mengenal investasi berupa deposito atau tabungan diikuti dengan emas. Untuk di nomer 3 sendiri ditempati oleh REKSA DANA.
manulife-reksa-dana-kopdar-investarian-11
manulife-reksa-dana-kopdar-investarian-11


Reksa Dana adalah

Btw, kalian tau nggak reksa dana itu apa? Reksa dana adalah investasi dengan cara mengumpulkan modal dari banyak investor yang kemudian akan diinvestasikan pada beragam instrumen dan dikelola secara profesional oleh pengelola aset (manajer investasi).

Reksa dana sendiri memiliki berbagai keuntungan dibandingkan jenis investasi lainnya. Keuntungannya antara lain, Fleksibel karena banyak pilihan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan investasi, bisa dicairkan kapan saja, aman, bebas pajak, hingga sangat terjangkau karena minimal investasi hanya 10 ribu rupiah.

Untuk yang penasaran cara kerja reksa dana, kalian bisa lihat gambar dibawah ini :
manulife-reksa-dana-kopdar-investarian

Dan dibawah ini dibahas bagaimana cara perhitungan dari reksa dana itu sendiri.
manulife-reksa-dana-kopdar-investarian

Nah itu dia tadi cerita aku saat ikut Kopdar Investarian bersama Manulife yang pertama ini. Banyak pengetahuan baru yang aku dapat dari sini. Nggak lupa dong aku juga berfoto bersama teman teman blogger lainnya dan Pak Legowo.


Nah sekian dulu ya cerita ku kali ini, See You on my next post. BYE...BYE....






4 komentar:

  1. Asik nambah ilmu soal keungan ya Mba Ola. Minggu yang berfaedah banget ini yak.
    Jadi pengen belajar lagi.

    BalasHapus
  2. Asik ya acaranya jadi makin banyaj pengetahuan ttg investasi

    BalasHapus
  3. Asik nih kopdarnya. Dapat ilmu dari para jawara lomba blog. Aku kok masih bingung kalo masalah investasi ya, Mbak. Huhuhu.

    BalasHapus
  4. Aku udah kayak usia 30 kah, Ola? Hehee becanda...abis yang dipakai patokan usia 50 sih. Kan aku merasa pas di usia ituuu.

    Btw, aku jadi tertarik dan udah buka akun di klikMami. Saatnya mulai investasi nih meski udah tua baru kenal

    BalasHapus

Haiii guysss...Terima kasih udah mampir ke blog ku. Monggo kalo mau komen, kritik atau saran semua diterima. Tapi JANGAN TINGGALKAN LINK HIDUP yaaaa.. XOXO

Follow me @olaole22