Jumat, 23 Maret 2018

# #womenbloggermovement # Collaboration

Serunya Berkreasi dengan Barang Bekas Di Workshop Daur Ulang Sampah Rumah Tangga


Haiiii semuanyaaaa....
Gimana nih kabarnya hari ini? Akhir akhir ini di Semarang hujan lagi nih. Jadi sebel deh, Banjir dimana mana. Selain karena rob dan lokasi semarang yang rendah, sampah juga jadi salah satu pemicu banjir. Wah kalo bicara sampah kayaknya nggak ada habisnya yah. Yah..mau gimana lagi, tiap hari semua orang kan pasti mengeluarkan sampah. Baik sampah plastik, makanan, maupun sampah kemasan dan masih banyak sampah lain. Apalagi sampah plastik tuh, kan butuh jutaan tahun buat terurai. Eh tapi bisa lo kita ikut mengurangi sampah. Caranya? Daur ulang atau kita bisa membuat barang barang berguna lain dari sampah.


Nah Tanggal 22 Maret 2018 Bertempat di Allstay Hotel, Program Women Blogger Movement yang digagas oleh Titik Tengah Partnership bekerjasama dengan Alfamart dan Laquinna Creative Handmade mengadakan  "Workshop Daur Ulang Sampah Rumah Tangga". Kak Nia Nurdiansyah selaku Founder Titik Tengah Partnership menjelaskan, "Program ini merupakan yang pertama kali kami selenggarakan bersama Alfamart, semoga bisa menginspirasi banyak orang dan lingkungan bisa lebih sehat dengan memanfaatkan barang bekas menjadi barang serbaguna seperti ini."

Acara ini sendiri diadakan untuk memperingati perempuan internasional dan juga hari air dan hari bumi. Jadi acara ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa wanita juga punya peranan penting untuk ikut menghijaukan dan menjaga kelestarian lingkungan. Nah salah satunya adalah mendaur ulang atau memfaatkan kembali barang bekas. Para peserta yang hadir kemarin dari blogger blogger perempuan kurang lebih 25 peserta.
Para peserta #womenbloggermovement 

Oh yah, serunya lagi nih. Program women blogger movement ini tidak hanya akan berhenti di bulan maret ini aja looohh... Di bulan depan atau bulan april acara ini akan berkelanjutan dengan menggandeng sesama blogger dan Komunitas lari untuk mengenal makanan sehat.

Balik lagi ke acara kemarin. Acara kemarin pun diisi oleh kak Yuniar Alfa Arta selaku owner dari Laquina Creative Handmade. Buat yang belum tau, Laquinna ini membuat dan menjual produk produkk dari barang bekas seperti karton susu, kotak bekas snack, kardus bekas yang kemudian disulap jadi produk produk yang bermanfaat dan kembali memiliki nilai jual. Contohnya kotak aksesoris, Dompet koin, Kotak perhiasan dan masih banyak lagi.

Nah sekarang aku mau kasih tutorial kecil kecilan untuk membuat dompet koin  hasil belajar sama kak Alfa kemarin. Let's Check it out....

Bahan bahan :

- karton bekas susu. dibentuk pola seperti gambar dengan ukuran
A: 15 x 7 cm, bagian setengah lingkaran : 4 x 7 cm
B: 14,7 x 7 cm, bagian setengah lingkaran : 3,8 x 7

- Lem Putih/Lem Fox
- Kain perca, gunakan 2 motif untuk bagian dalam dan luar. disini kami memakai kain jepang motif polkadot dan bunga, ukuran:
A(bunga bunga) :10,5 x 22,5 cm
B(Polkadot) : 9,5 x 22 cm
Kain untuk samping dompet (2buah) : 9,5 x 15,5
- kancing magnet

-gunting

Cara membuat
1. Bantuk pola dengan ukuran seperti diatas untuk kotak susu dan kain. Jangan lupa beri nama A dan B

2. Lalu lem bagian putih/belakang kotak susu dengan lem putih atau lem fox. Disini aku menggunakan lem putih.
bagian ini yaaaa
3. Tempelkan kain dengan karton susu. Kain A dengan Karton A, Kain B dengan Karton B. Lalu sesuaikan dengan bentuk karton.

4. Lalu Ambil Karton B, Tempelkan kancing bagian B di posisi tutup dompet, yaitu yang setengah lingkaran. kalian bisa kira kira kok mau ditaruh dimana kancingnya. Lalu tekut bagian panjang karton B hingga membentuk setengah lingkaran dengan bagian yang ditempeli kain secara penuh di dalam.

(I'm so sorry sampe ke bawah aku nggak ngasih foto, karena kemaren saking keasyikan aku lupa foto foto saking kesyikannya)

5. Nah bagian luar nya si B tadi ujung ujungnya kita lem, untuk lem nya direkomendasikan lem fox. Ikuti saja alurnya kain sisi luar itu. setelah itu ambil kain sisi samping, lipat jadi dua bagian lalu tempelkan kain di sisi luar yang tadi sudah kita beri lem. Jangan lupa tempelkan sisi satunya ya

6. Nah sekarang bagian karton A. Lipat juga seperti karton B. Bedanya karton A ini kain yang ditempel penuh berada di luar. Pasang kancing A disisi bawah karton A. Setelah itu beri Lem juga di sisi dalam, lalu tempelkan sisi A dan sisi B bersama.
gini nih nanti hasilnya


Ini kalau dompetnya ditutup nih
Nah gimana guys? Seru dan gampang kan cara bikinnya. Oh ya buat yang mau kepo kepo atau tertarik sama produk produk ini seperti yang kita buat tadi sebagai buah tangan, cendramata pernikahan dan lainnya,yang pastinya lebih bagus dong hasilnya hihihihi...bisa loh mampir dan chit chat sama mbak Alfa di :
Instagram : https://www.instagram.com/alfa_yuniar/
Facebook : https://www.facebook.com/AlfaMoment
SMS &WA : 0878 3287 7799

Dan untuk Instagram Titik Tengah Partnership : https://www.instagram.com/titiktengahpartnership/

Oke guysss....See you on next post yaaaa

9 komentar:

  1. Asik dan seru acaranya. Dari barang bekas ternyata bisa dihasilkan karya dompet koin yang cantik ya mbak. Nice sharing mbak Ola.

    BalasHapus
  2. Waah..ada tutorialnya..catet ah.. TFS, Ola..

    BalasHapus
  3. Lengkap deh bikin tutorialnya.. :)

    BalasHapus
  4. Rapi banget hasilnya, Ola... Ayo produksi yang banyak 😊

    BalasHapus
  5. Cantik nian hasilnya. Good job, Ola!

    BalasHapus
  6. Seru yaa aku hepiii bisa bikin dompet unyu..

    BalasHapus
  7. Ini seru beneran, sampe nagih lho pingin bikin yg banyak :D

    BalasHapus
  8. Seharusnya memang begitu. Kita harus lebih kreativ lagi agar bisa memanfaatkan barang bekas yg tadinya tidak berguna menjadi bisa berguna dan bahkan bisa di jual. Ini pembelajaran yg bagus sekali ka^^

    #KBBVmember

    BalasHapus
  9. wah seru bgt acaranya ya ola, gak nyangka dari dus susu begitu bisa jadi dompet kayak gitu #kbbvmember

    xoxo,
    tutuskirtjournal.com

    BalasHapus

Haiii guysss...Terima kasih udah mampir ke blog ku. Monggo kalo mau komen, kritik atau saran semua diterima. Tapi JANGAN TINGGALKAN LINK HIDUP yaaaa.. XOXO

Follow me @olaole22