Minggu, 18 Februari 2018

# Beautiesquad # Collaboration

NGOPCAN5 : How To Write A Good Beauty Article

Haiiiii semuanyaaa....
Tanggal 17 februari kemarin Beautiesquad mengadakan lagi ngopi cantik yang ke-5, di ngopi cantik kali ini Beautiesquad bekerja sama dengan Beauty Journal. Untuk pengisi materinya sendiri ialah kak Grisselda Nihardja yang merupakan Lead editor dari Beauty Journal dengan tema materi "How To Write A Good Beauty Article". nah buat yang penasaran sama apa saja yang dibahas, ini dia rangkuman materi ngopi cantik 5 :

Untuk menulis tentang beauty article pasti yang dibutuhkan pertama kali adalah ide. Untuk mencari ide kita perlu untuk mengulik dan mengetahui hal hal yang terjadi atau yang sedang menjadi trending disekitar kita ataupun di luar circle kita. Kita bisa mencari hal hal yang sedang trending tadi di instagram, youtube, twitter atau bahkan orang orang di sekitar kita. Misalnya nih, apa yang sedang ramai ramainya dibicarakan oleh teman sekolah kita. Apakah itu lipstick lokal warna nude atau bisa juga bedak apa yang bagus menahan minyak. Atau kita bisa juga mencari apa yang sedang trend di Google trends

Memangnya kita enggak boleh ya menulis di luar trend? tentu saja boleh. Menulis sesuai dengan trend berhubungan dengan SEO blog kita. jika kita menulis topik yang sedang banyak dicari maka makin besar kesempatan kita untuk muncul di halaman pertama google search dan kita bisa ketambahan organic traffic.

Setelah kita menemukan ide yang akan kita tulis, penting bagi kita untuk memiliki file khusus sebagai media penyimpanan ide ide kita supaya rapi. Kita bisa menyesuaikan penyimpanan itu sesuai dengan selera kita, Bisa dengan menulis di notebook atau planner, microsoft excel atau google spreadsheet atau bisa juga kita menulisnya di microsoft word dan lain sebagainya. Setiap kita terpikirkan ide apa saja yang mau kita tulis kita bisa langsung menyimpannya di catatan kita tadi, setelah kita rasa kita sudah memiliki cukup ide kita bisa langsung menulis artikel.
Ini dia penyimpanan ideku, dengan tulisanku yang berantakan hihihi

Beauty article sendiri memiliki beberapa tipe, yaitu :
1. Rekomendasi Produk
2. Review
3. Tips
4. Interview
5. Tutorial

Masing masing tipe memiliki treatment penulisan yang berbeda beda. Sebagai penulis, kita usahakan untuk mencover aspek aspek yang penting dari tiap tiap tipe artikel yang kita buat.

1. Rekomendasi Produk. Dalam rekomendasi produk kita bisa menjelaskan secara singkat apa yang bagus dari produk yang kita rekomendasikan tersebut. misalnya kita merekomendasikan produk foundation dewy, kita bisa memberitahukan informasi dari tiap produk yang kita rekomendasikan. Kita juga bisa memberitahukan apa yang berbeda dari produk itu dengan produk lain.

Contoh Artikel Rekomendasi Produk

2. Review. Dalam penulisan review produk ada beberapa poin yang perlu kita bahas yaitu : kemasan, klaim, ingredient, cara pakai, pendapat, harga produk, dan bisa beli dimana produk tersebut. contohnya kita membahas tentang kemasan pada setting spray. Mungkin informasi ini terlihat simpel tapi mungkin juga di dalamnya ada informasi yang orang lain belum tau misalnya spray nya bagaimana ? apakah menyebar rata atau mungkin malah terlalu kencang ?

Contoh Artikel Review Produk

3. Tips. Untuk menulis tips, usahakan untuk memulai dari tips yang praktis dan bisa membantu pembaca kita. Jika tips yang kita tulis terlalu sulit dan merepotkan audience mungkin menjadi tidak tertarik dan pembaca yang bisa mempraktikannya semakin sedikit.

Contoh artikel Tips

4. Interview. Saat kita datang ke event event brand, kita juga bisa sekalian interview brand manager atau orang dibalik event tersebut. Tipsnya nih, sebelum interview kita bisa menentukan terlebih dahulu tema besarnya lalu kemudian kita bisa mengembangkan tema tersebut. Usahakan jangan menanyakan pertanyaan yang terlalu umum atau kita bisa menanyakan pertanyaan umum untuk mencairkan suasana saja.


Contoh artikel Interview

5. Tutorial. Untuk artikel tutorial dan semua tipe artikel kita perlu untuk memberikan foto pendukung yang bagus. foto pendukung ini untuk membantu pembaca tidak bosan dan untuk menambah info.
Contoh Artikel Tutorial

Semakin jelas struktur artikel semakin mudah pula kita menulisnya. versi singkatnya mungkin bisa dari poin poinnya. Contohnya kita membuat artikel tentang "kesalahan memakai foundation". Jika kita hanya menulis idenya saja, saat kita akan menulis artikel  kita hanya akan membuang buang waktu hanya untuk memikirkan tulisan kita mau dibuat seperti apa. Lain cerita jika kita menuliskan tentang poin poin pembahasannya juga saat kita menuliskan ide, semakin jelas apa saja yang mau dibahas, semakin enak kita untuk menulisnya.

Struktur artikel sama ialah kerangka artikel. Pembuatanya meliputi 3 aspek, yaitu  :
Intro : be creative, bisa menyoroti fear/desire, atau masalah
Isi artikel : poin poin penjabaran. usahakan sistematis
Closure : Kesimpulan, Pertanyaan balik untuk engagement atau mengundang audience untuk komen.

Selain itu kita juga harus Objective saat menulis artikel. Hindari juga statement yang terlalu judgemental.

Kak Grisseldan juga menambahkan, bahwa dia pernah membaca sebuah tulisan dan setuju bahwa artikel yang bagus ialah artikel yang bisa membuat pembaca untuk :
1. Belajar sesuatu
2. Melakukan sesuatu
3. Merasakan sesuatu

Nah itu dia kurang lebih yang aku pelajari dari Ngopi Cantik kali ini. semoga ilmu ini juga bermanfaat ya buat kalian semua.

See you on next post

cr pict : beauty journal, beautiesquad

2 komentar:

  1. Wah menarik sekali acaranya mbak dan ilmu ya bermanfaat banget nih buat saya yang baru belajar nulis artikel beauty.

    BalasHapus
  2. Bener banget nih mbak Ola, kalo mau nulis apapun memang harus punya ide dulu. Makasih infonya ya, bermanfaat nih untuk aku yang lagi belajar nulis beauty review.

    BalasHapus

Haiii guysss...Terima kasih udah mampir ke blog ku. Monggo kalo mau komen, kritik atau saran semua diterima. Tapi JANGAN TINGGALKAN LINK HIDUP yaaaa.. XOXO

Follow me @olaole22