Kamis, 01 Februari 2018

Flash Blogging Bersama KOMINFO Menuju Indonesia Maju

Haiii semuanyaaa....
Kali ini aku mau cerita tentang satu event yang diadakan oleh Kementrian KOMINFO yang mengambil tema "Menuju Indonesia Maju" .

 Acara yang bertepat di Hotel Santika Premiere Semarang pada 2 Februari 2017 dibuka oleh Bapak Dedet Surya Nandika selaku Direktur Kemitraan Komunikasi Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik. Setelah pembukaan, para peserta, pengisi materi dan panitia flash blogging berfoto bersama dengan bapak Dedet.
Peserta, Panitia dan pengisi materi berfoto bersama dengan Bp.Dedet

Bp. Dedet Surya Nadika memberi kata sambutan serta membuka acara flash blogging


Materi pertama diisi oleh Bapak Anto Prabowo seorang peneliti, penulis, pengajar serta jurnalis. Beiau banyak bercerita dan menjelaskan tentang penulis dan perkembangan penulis. Beliau menceritakan pada awal abad ke 20 merupakan era mutiara tumbuh kelas intelektual bumi putra yang merupakan buah dari politik etis. Pada masa itu penulis wartawan dianggap sebagai pejuang karena dengan adanya penulis dan wartawan meningkatkan martabat kaum bumi putra. Pada masa itu penulis memiliki sikap idealis yang selalu memikirkan tentang kehidupan masyarakat, bagaimana memajukan masyarakat yang saat itu sedang dalam masa terpuruk karena adanya penjajahan.

Pada masa sekarang, Penulis sendiri dapat bebas memilih sikap. Apakah ia ingin bersikap Idealis seperti para penulis awal abad ke 20 atau bersikap bebas dan tidak terikat pada ketentuan ketentuan baku. Penulis sekarang juga bebas bersaing dengan penulis lainnya untuk merebut perhatian para pembaca. Pak Anto menuturkan bahwa kunci dari merebut perhatian para pembaca ialah Kreativitas.

Pak Anto juga menjelaskan bahwa tips itu dapat kita ibaratkan sebagai template atau bumbu sachet. tentu saja yang dihasilkan akan standar dan itu akan mengkhianati prinsip kebaruan (novelty) yang menjadi syarat utama dalam kreativitas. Yang benar adalah penulis kreativ haruslah mencara sendiri gaya menulisnya. Mungkin pada awal pertama penulisan kita bisa belajar dari penulis lainnya,tapi dengan seiring waktu kita harus menemukan prinsip dan gaya menulis kita sendiri, dan hal itu dapat kita temukan hanya dengan cara sering menulis.

Bp. Anto Prabowo memberikan materi tentang penulisan kreativ

Untuk materi kedua pada acara flash blogging ini diisi oleh Bapak Andoko Darta dari Tim Komunikasi Presiden atau bisa juga disingkat menjadi TKP. Disini bapak Andoko menjelaskan tentang pembangunan untuk menuju Indonesia Maju yang mana pada era pemerintahan Bapak Joko Widodo ini lebih ditekankan pada aspek keadilan bukan kesamaan perlakuan, karena dua hal tersebut sangat berbeda. Secara sederhananya perbedaan keduanya dapat kita lihat pada gambar dibawah ini:

Pembangunan secara adil ini dapat kita lihat dengan dibangunnya infrastruktur infrastruktur , contohnya pembangunan serta pelebaran jalan tol, jalur kereta api, pelabuhan, bandar udara serta banyak lagi dimana pembangunan pembangunan ini lebih banyak dilakukan diluar pulau Jawa terlebih di daerah daerah yang terpencil atau belum tersentuh sama sekali. Hasil dari pembangunan ini tentu banyak sekali, seperti pada saat pembangunan yang menyedot banyak tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran atau setelah jadinya jalan atau pelabuhan memudahkan distribusi ke daerah daerah terpencil tersebut. Contoh lainnya dari Pembangunan secara adil ialah harga BBM dari Sabang sampai dengan Merauke sama semua. seperti yang kita ketahui, dahulu harga BBM antara pulau Jawa dengan Papua sendiri memiliki ketimpangan yang sangat besar.

Berikut ini Kebijakan Pemerataan yang Berkeadilan pada saat ini:
1.  Keberpihakan pada 40% lapisan masyarakat terbawah
2.  BBM 1 harga, terutama masyarakat papua dapat menikmati harga sama
3.  Peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui vokasi
4.  Revitalisasi pasar agar para pedagang dapat bersaing dengan pasar modern
5.  Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Program pemberian makanan tambahan untuk anak dan ibu hamil
6.  Bangun sentra pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa
7.  Subsidi lebih tepat sasaran untuk masyarakat berpenghasilan rendah
8.  KUR di Tahun 2016 tersalurkan Rp. 94,4 Triliun untuk kesejahteraan UMKM
9.  PembangunanPos Lintas Batas Negara, agar rakyat di perbatasan merasakan kehadiran Negara
10. Membangun manusia. Indeks Pembangunana manusia naik

11. Peningkatan rasio elektrifikasi nasional. Sudah mencapai 92% pada bulan Maret 2017
Bp.Andoko Darta berinteraksi dengan peserta flashblogging

Untuk melihat lebih banyak kebijakan kebijakan lainnya dapat juga dibuka di Channel Youtube dari "Sudut Istana"

Oh ya Pak Andoko juga memberikan pesan pesan kepada para Blogger 

" Jika dulu ada istilah "sing waras sing ngalah" maka sekarang harus diganti dengan "sing waras harus bersuara" karena jika tidak persatuan Indonesia akan terancam "

Nah itu tadi sedikit hal yang bisa aku ceritain dari flash blogging, semoga bermanfaat yaaa....
See you on next post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates