Kamis, 18 Januari 2018

# Beautiesquad # Collaboration

NGOPCAN4 : Pentingnya Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Bagi Beauty Blogger

Hai semuanya....
Balik lagi nih dengan aku, kali ini aku mau membahas tentang ilmu yang sudah aku dapatkan di Ngopi cantik 4 yang diadakan oleh Beautiesquad dengan pembicara Mbak Langit Amaravati dari www.wisatakata.id . Untuk tema pembahasannya seperti yang usdah aku jabarkan di judul, yaitu Pentingnya Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Bagi Beauty Blogger.

Yang pertama kali dibahas oleh Mbak langit ialah ejaan dan Gaya bertutur, apa itu ejaan? apa itu Gaya bertutur? apakah mereka berbeda? mari kita bahas satu persatu

Ejaan ialah kaidah penggunaan bahasa Indonesia, tanda baca dan tata bahasa lainnya. Ejaan ini memiliki rujukan "kitab besar" berupa Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Keduanya memiliki sifat yang dinamis sehingga sering dilakukan revisi dimana yang terbaru ialah KBBI dan PUEBI 2016.


Sedangkan Gaya bertutur ialah gaya kita menyampaikan topik  baik itu sebuah cerita, opini, berita dan sebagainya. Seni menyampaikannya itulah yang disebut gaya bertutur. Santai, serius, humoris, adalah label yang biasa disematkan pada gaya bertutur tersebut. (Novia Syahidah)


Contohnya nih, sebut saja blogger mawar saat menulis menyebut dirinya sendiri sebagai "saya" dan untuk pembacanya "anda". tapi sebut saja blogger melati menyebut dirinya "aku" dan pembacanya sebagai "kamu"


Memangnya Tata bahasa itu penting ya buat blogger apalagi seorang beauty blogger?

karena blogger termasuk beauty blogger termasuk penulis, tentu saja penulis yang baik harus peduli dengan teknik penulisannya. sangat naif kalau mengatakan blogger tak harus paham ejaan.


Selain itu pentingnya menggunakan tata bahasa Indonesia yang benar, antara lain:

1.  Kredibilitas sang blogger, termasuk kaitannya dengan personal branding

2.  Page Rank. Di dalam quality guideline - nya  mbah google mengatakan bahwa salah satu faktor yang menentukan sebuah situs web adalah kualitas tulisan diantaranya ialah ejaan/ tata bahasa nya yang minim dengan typo

3.  SEO. Apabila ada dua artikel yang membahas topik yang sama, search engine akan lebih memprioritaskan yang tata bahasanya benar untuk ditampilkan di hasil pencarian.

4. Pembaca. Dilihat dari sisi pembaca, apalagi jika pembacanya paham ejaan, membaca artikel yang serampangan itu membuat malas.

5. Monetisasi. Brand tidak suka meng-hire blogger yang tulisannya berantakan.

6. Lomba blog. Didalam sebuah lomba penulisan blog, tata bahasa yang baik merupakan salah satu poin penilaian.

Selain itu mbak Langit juga menceritakan, ada seorang blogger yang merasa bangga dengan tulisannya yang berantakan dan tidak mau belajar hanya karena sering mendapat sponsored post. Attitude seperti ini yang nantinya akan menjadi bumerang bagi dirinya sendiri.

Blogging sama dengan pekerjaan lain, selalu ada persaingan. setiap hari lahir blogger blogger baru. Satu - satunya yang dapat membuat kita bertahan adalah Kualitas - Langit Amaravati


Lalu bagaimana caranya untuk mempelajari Tata Bahasa Indonesia yang baik?

Kita bisa mempelajarinya dengan sering sering menulis yang sesuai dengan PUEBI dan KBBI. jika saat menulis kita menemukan kata yang meragukan bisa kita cek di buku KBBI. Dengan sering menulis dengan benar sesuai tata bahasa baik dalam menulis artikel di blog ataupun menulis caption di ig kemampuan kita akan terus meningkat.


Lalu bagaimana jika kita kesulitan menyusun kata kata saat menulis? Mbak Langit memberikan saran agar kita mencoba untuk membayangkan saat kita mengobrol ataupun menulis surat secara pribadi kepada pembaca atau kita bisa menganggapnya teman dekat kita. saat awal menuliskannya, jangan dulu memikirkan kata apa yang pas atau ejaan apa yang baik. tulis saja dulu sesuai dengan apa yang kita pikirkan. saat sudah selesai menulis, baru kita baca lagi apa yang sudah kita tulis tadi untuk mengetahui apakah tulisan tersebut sudah enak dibaca atau belum, apakah perlu ada yang kita edit bagian bagian yang salah.


Selain menulis, cara lain untuk mempelajarinya ialah dengan rajin rajin membaca buku dengan berbagai genre. hal ini akan membantu kita untuk menambah pembendaharaan kosakata yang nantinya akan membantu kita untuk menulis.

Oh ya untuk teman teman yang ingin belajar Tata bahasa, tetapi tidak memiliki buku KBBI dapat melihat KBBI melalui KBBI daring : https://kbbi.kemdikbud.go.id/ 

Teman teman juga dapat menngunduh PUEBI daring disini : https://drive.google.com/file/d/0BxQ13q4Vor5hMzJ4aEgtTE1tTEk/view

Itu tadi pokok pokok penting yang disampaikan oleh mbak Langit.

Oh ya jangan lupa juga yaa...main main ke instagram ku di : https://www.instagram.com/olaole22/

See you on next post






1 komentar:

  1. Siip... Trims saringnya yaa... meskipun bukan beauty blogger...pentingnya juga nih buatku :)

    BalasHapus

Follow Us @soratemplates